Kamis, 29 Maret 2012

AURORA TA'LIM

Assalamualaikum 

Bina fitrah 

kangen bangat deh sama Bina fitrah , saat dimana aku menuntut ilmu bersama teman-teman satu pengajian. 

pepatah arab mengatakan "Tuntutlah ilmu sampai negeri cina " 

Binafitrah adalah salah satu TPA ,TQA yang ada di tempat tinggal ku Kampung Rawamalang. satu-satunya pengajian yang menerapkan sistem TPA,TQA dalam pembelajaran. santri bukan hanya belajar baca alquran saja. tapi tiap hari beragam , pelajaran nya meliputi hari senin Tafsir Quran, satu demi kata di terjemahkan dan di tafsirkan dengan referensi tafsir ibnu katsir, hari selasa belajar ilmu Nahu (tata bahasa Arab) naaah pelajaran ini yang sulit KATA teman2 aku siihh gt cuma aku suka dengan pelajaran mamlam selasa , heheh tata bahasa arab itu unik dan banyak terkandung filosofi ^)^, kalo malem rabu pelajaran , malam kamis nya belajar aqidah akhlak ilmu yang mendasar sekali tapi inilah inti semua ilmu TAUHID^_^ , malem jumat libur dan hari sabtu nya pelajaran SOROF (masih seputar bahasa Arab) tapi spesifik tentang tasrif. biasanya kami belajar ba'da magrib. waktu sisa dari 24 jam sehari full , cuma belajar 1 atau 2 jam . 


BINA FITRAH 

sebuah taman syurga yang dinaungi malaikat RAHAMAT 

oohhhh kangen bangat deehh mau ngaji lagii 

>_<

A.Pengertian TKA-TPA (Taman Kanak-kanak Al-Qur’an – Taman Pendidikan Al-Qur’an)
TKA-TPA adalah lembaga pendidikan non formal tingkat dasar yang bertujuan memberikan bekal dasar kepada anak-anak usia 4-6 tahun ( TKA) dan usia 7–12 tahun (TPA ) agar menjadi generasi Qur’ani, generasi yang sholih-sholihah, yang mampu dan gemar membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
B.Pengertian TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad)
TQA adalah lemnbaga pendidikan non formal sebagai kelanjutan dari TKA/TPA, yang bertujuan memberikan tambahan bekal bagi santri lulusan TKA/TPA atau anak-anak usia 5-14 tahun lainnya yang telah mampu membaca Al-Qur’an, sehingga mampu dan gemar membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari serta mempunyai keterampilan khusus berupa hafal Juz ‘Amma dan memahami terjemahnya. Dalam hal ini, TQA dibedakan menjadi 3 jenjang, yaitu TQA Ula (dasar), TQA Wustho (menengah), dan TQA ‘Ulya (atas).
jenjangtpa
C. Tujuan
TKA-TPA-TQA, bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen dengan Al-Qur’an. Al-Qur’an dijadikan sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan tempat kembali segala urusan hidupnya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, memiliki kemampuan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.
D. Masa dan Waktu Pembelajaran
Masing-masing jenjang brlangsung selama 1 tahun, yang terbagi dlam 2 semester. Tiap semester ada pembagian rapot. Dengan demikian, pendidikan Al-Qur’an ini berlangsung selama 4 tahun, yaitu :
- Tahun pertama : TKA-TPA
- Tahun kedua : TQA Ula
- Tahun Ketiga : TQA Wustho
- Tahun Keempat : TQA Ulya

AURORA TA'LIM

0 komentar:

Posting Komentar